Materi ini saya ambil dari Twit Jaya Setiabudi
Ada 1 buku lama yg cukup fenomenal, terutama tentang
teori 'CLOSING'. Judulnya Influence:
The Psychology of Persuasion
Influence: The Psychology of Persuasion, karangan Dr. Robert
Cialdini. Isinya tentang 6 Kunci Persuasi, mau tau?
1.TIMBAL BALIK; Kecenderungan enggan menolak kepada mereka yang pernah
berperilaku baik terhadapnya. #Influence"
1a.Fakta: Pelanggan yg diberi ‘hadiah’ didepan, closing 2x
lipat dibanding jika diiming2 akan diberi, jika membeli. #Influence
1b.Kejadian: sales permen yg memberikan free sample kpd anak
kecil, membuat ortunya enggan menolak u/ tdk beli. #Influence
1c.Amati: di mal, byk sales alat pijat yg memberikan layanan
pijat, sampai membuat Anda ‘enggan’ menolak pembelian. #Influence
1d.Lainnya: para sales yg melayani berkali2 dg sabar,
akhirnya akan meluluhkan hati Anda, bahkan ‘tanpa dipaksa’ beli.#Influence
1e.Itulah hukum timbal balik. Jika orang dibaikin, timbul
rasa sungkan, enggan untuk menolak. #Influence
2.KOMITMEN&KONSISTEN; Kecenderungan konsisten thd komitmen yg pernah ia tuliskan atau ucapkan. #Influence
2b.19 dr 20 org akan berusaha menangkap pencuri tas tsb.
Sedangkan hanya 4 dr 20 yg akan mengejar tanpa dititipi. #Influence
2c.Tips: Ikatlah seseorang dengan komitmen sekecil apapun,
sebisa mungkin tertulis. #Influence
3.BUKTI SOSIAL; Kecenderungan untuk mengikuti apa yang kebanyakan orang
anggap baik. #Influence
3a.Fakta: Obama tdk hanya memenangkan kampanye di US, tapi
juga di ‘Indonesia’, pdhl dia pembela Yahudi. #Influence
3b.Why? Karena pemberitaan ttg byknya pendukung dia, membuat
kita juga mendukung dia. #Influence
3c.Artinya: Kebanyakan orang adalah ‘Me too’, saat
kebanyakan orang melakukan. #Influence
3d.Tren: Tak pernah terfikir bahwa Kripik Pedas akan menjadi
tren di Indo, gara2 1 orang ini →
@axltwentynine
3e.Trik: Rumah Makan yg rame biasanya enak?! Buatlah RM Anda
rame, agar orang berfikir enak. #Influence
4.OTORITAS; Kecenderungan mematuhi orang yg difigurkan, diagungkan atau
‘dianggap lebih’. #Influence
4a.Fakta: Orang akan lebih percaya diajar oleh seorang
bergelar ‘Profesor’ dibanding ‘Sarjana’, lepas dari kualitasnya. #Influence
4b.Fakta: Orang yg sama berpakaian rapi dg Jas, mendapatkan
nilai lebih daripada saat berjins ria. #Influence
4c.Fakta: Jika Anda berkendara mercedes, akan lebih mudah
mencari parkir drpd avanza :p #Influence
5.DISUKAI; Kecenderungan berkata ‘YA’ kepada orang yg disukai. #Influence
5a.”83% transaksi bisnis closed, karena pembeli menyukai
penjualnya” <Kerry L. Johnson, Sale Magic>. #Influence
5b:Tips: Bangunlah kesamaan2 agar Anda disukai oleh
pelanggan Anda. Perbedaan menciptakan jurang. #Influence
5c.Pepatah: Jika cinta sudah melekat, tahi kucing rasa
coklat. #Influence
6.KELANGKAAN; Semakin langka sesuatu, semakin besar permintaan. #Influence
6a.Fakta: Orang membeli kebutuhan pokok 6x lebih banyak saat
dikatakan “Krisis Pangan” akan terjadi. #Influence
6b.Tips: Kata ‘TERBATAS’ dg komitmen, akan menimbulkan
buying power lebih besar drpd ‘Masih Banyak’. #Influence
6c.Bukti: Tas Hermes seharga ratusan juta hingga miliaran
diburu orang, krn TAK semua BOLEH beli. #Influence
{ 0 komentar... read them below or add one }
Post a Comment