6 Kunci Persuasi

Diposkan oleh Dewa Pariana on Wednesday 7 November 2012



Materi ini saya ambil dari Twit Jaya Setiabudi
Ada 1 buku lama yg cukup fenomenal, terutama tentang teori 'CLOSING'. Judulnya Influence:

The Psychology of Persuasion


Influence: The Psychology of Persuasion, karangan Dr. Robert Cialdini. Isinya tentang 6 Kunci Persuasi, mau tau?

1.TIMBAL BALIK; Kecenderungan enggan menolak kepada mereka yang pernah berperilaku baik terhadapnya. #Influence"


1a.Fakta: Pelanggan yg diberi ‘hadiah’ didepan, closing 2x lipat dibanding jika diiming2 akan diberi, jika membeli. #Influence

1b.Kejadian: sales permen yg memberikan free sample kpd anak kecil, membuat ortunya enggan menolak u/ tdk beli. #Influence

1c.Amati: di mal, byk sales alat pijat yg memberikan layanan pijat, sampai membuat Anda ‘enggan’ menolak pembelian. #Influence

1d.Lainnya: para sales yg melayani berkali2 dg sabar, akhirnya akan meluluhkan hati Anda, bahkan ‘tanpa dipaksa’ beli.#Influence

1e.Itulah hukum timbal balik. Jika orang dibaikin, timbul rasa sungkan, enggan untuk menolak. #Influence

2.KOMITMEN&KONSISTEN; Kecenderungan konsisten thd komitmen yg pernah ia tuliskan atau ucapkan. #Influence


2a.Ujicoba: Seeorang menitipkan tas kepada penumpang kereta di depannya. Saat pencuri (pura2) mengambil tas tsb>> #Influence

2b.19 dr 20 org akan berusaha menangkap pencuri tas tsb. Sedangkan hanya 4 dr 20 yg akan mengejar tanpa dititipi. #Influence

2c.Tips: Ikatlah seseorang dengan komitmen sekecil apapun, sebisa mungkin tertulis. #Influence

3.BUKTI SOSIAL; Kecenderungan untuk mengikuti apa yang kebanyakan orang anggap baik. #Influence


3a.Fakta: Obama tdk hanya memenangkan kampanye di US, tapi juga di ‘Indonesia’, pdhl dia pembela Yahudi. #Influence

3b.Why? Karena pemberitaan ttg byknya pendukung dia, membuat kita juga mendukung dia. #Influence

3c.Artinya: Kebanyakan orang adalah ‘Me too’, saat kebanyakan orang melakukan. #Influence

3d.Tren: Tak pernah terfikir bahwa Kripik Pedas akan menjadi tren di Indo, gara2 1 orang ini @axltwentynine

3e.Trik: Rumah Makan yg rame biasanya enak?! Buatlah RM Anda rame, agar orang berfikir enak. #Influence

4.OTORITAS; Kecenderungan mematuhi orang yg difigurkan, diagungkan atau ‘dianggap lebih’. #Influence


4a.Fakta: Orang akan lebih percaya diajar oleh seorang bergelar ‘Profesor’ dibanding ‘Sarjana’, lepas dari kualitasnya. #Influence

4b.Fakta: Orang yg sama berpakaian rapi dg Jas, mendapatkan nilai lebih daripada saat berjins ria. #Influence

4c.Fakta: Jika Anda berkendara mercedes, akan lebih mudah mencari parkir drpd avanza :p #Influence

5.DISUKAI; Kecenderungan berkata ‘YA’ kepada orang yg disukai. #Influence


5a.”83% transaksi bisnis closed, karena pembeli menyukai penjualnya” <Kerry L. Johnson, Sale Magic>. #Influence

5b:Tips: Bangunlah kesamaan2 agar Anda disukai oleh pelanggan Anda. Perbedaan menciptakan jurang. #Influence

5c.Pepatah: Jika cinta sudah melekat, tahi kucing rasa coklat. #Influence

6.KELANGKAAN; Semakin langka sesuatu, semakin besar permintaan. #Influence


6a.Fakta: Orang membeli kebutuhan pokok 6x lebih banyak saat dikatakan “Krisis Pangan” akan terjadi. #Influence

6b.Tips: Kata ‘TERBATAS’ dg komitmen, akan menimbulkan buying power lebih besar drpd ‘Masih Banyak’. #Influence

6c.Bukti: Tas Hermes seharga ratusan juta hingga miliaran diburu orang, krn TAK semua BOLEH beli. #Influence

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment