Anti Bangkrut

Diposkan oleh Dewa Pariana on Thursday 8 November 2012

Materi ini saya ambil dari KulTweet Jaya Setiabudi

i.Materi ini pernah saya seminarkan pada Oktober 2010 yang lalu. Bahkan design & gbr2nya pun sdh jadi.

ii.Krn materinya sangat panjang, maka saya hanya akan twit intisari perbab saja. Pasti bukunya lebih lengkap.

iii.Materi ini terdiri dari 7 Bab: 1.Apa itu Bangkrut? 2-6 Penyebab2 Kebangkrutan 7.Bangkit dari Bangkrut.

iv.Materi ini cocok u/ Anda yg 1.Tak Mau Bangkrut 2.Sedang Bangkrut 3.Akan Bangkrut 4.Pernah Bangkrut.

v.YukKitaMulai... KITAB ...

1.Skitar 2thn lalu saat saya umumkan tentang seminar sy , ada seorang yg ngeyel & ngomel2 dg judul tsb di FB.

2.Dia bilang, gak ada itu kamus bangkrut!!! Bangkrut itu u/ orang pesimis saja!

3.Krn dia cukup bawel di wall saya, jadi saya cek aja di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) & sy posting..

4a.Bang-krut : v 1) adalah menderita kerugian besar hingga jatuh (tt perusahaan, toko, dsb); gulung tikar;

4b.2) habis harta bendanya; jatuh miskin;

4c.ke-bang-krut-an : n perihal (keadaan) bangkrut di perusahaan krn tidak mampu membayar utang-utangnya dsb.

4d.Inti dari bangkrut: TAK ADA DUIT untuk melanjutkan aktivitas bisnis, meski dalam KONDISI UNTUNG.

5.Nah tuh, bangkrut emang sesuatu yg tidak mengenakkan, tapi itu sudah WAJAR dalam dunia bisnis.

6.Sejarah membuktikan, ketakaburan TITANIC yg menyangkal TAK AKAN tenggelam, ehh tenggelam juga.

7.Jangan sampai karena kita OPTIMIS BUTA, trus menafikan kebangkrutan.

8.Bangkrut bukan berarti kiamat, tapi kiamat pasti bangkrut. Selama belum kiamat, jangan takut bangkrut.

9.Saya akan mulai dari kisah sy mulai bisnis di thn 98. Sekeluar dari Astra Microtronics Technology, Batam.

10. Saat itu sy dimodali oleh 1 org singaporean & 1 kwn Indo yg kerja di S’pore. Bisnisnya: IndustrialSupply.

11.Saya mendapat saham ‘hutang’, yg hrs sy lunasi jika perusahaan membuat keuntungan (bagi deviden).

12.Krn modalnya minim, si s’porean berjanji akan mensupport pengadaan barang dg sistem hutang (fee 5%).

13.Dg berOjek & smangat ’45, sy door to door menawarkan solusi pengadaan sparepart di pabrik2 di Batam.

14.Alhamdulillah dalam 2 bulan orderan sdh mulai jalan. Tapi saat itu bencana terjadi...

15.Thn ’98 bukan hanya Indonesia yg krisis, S’pore juga kena! Rekan sy terkena imbasnya.

16.Krn diapun ngos2an, maka dia tak dpt lagi membantu sy dlm pengadaan barang. Duit kas pun menipis.

17.Parahnya lagi kami menerima order2 dg sistem pembayaran 30 hari, yg realisasinya bisa 2 bulan.

18.Uang pribadi sayapun menipis u/ nombok biaya operasional. Orderan mulai nambah, duit u/ kulakan gak ada.

19.Di bulan ke 3, saya bangkrut alias gak punya duit u/ menjalankan bisnis lagi.

20.Jika piutang dikurangi dg hutang, sebenarnya masih ada surplus. Masalahnya sudah KEHABISAN DARAH.

21.Ya benar, cash adalah DARAHnya bisnis. Kalo kita kehabisan, mau makan dari mana? Ngojekpun byr cash.

22.Saat bangkrut, ayah sy tlp,”Ya’, perlu papah kirim duit lagi?”. Krn gengsi, saya tolak. Indomie telor deh.

23.Selama 2 bulan ke depan, sy bertahan hidup dg keajaiban2 yg tak pernah disangka2.

24.Hampir tiap harinya saya mendapat tawaran makan gratis dari kawan2 & tetangga saya.

25.Bhkn suatu malam, saat sy akan mencari kontrakan office yg kedua, dg hanya membawa uang ribuan,>>

25a.>> saya diberi roti gratis oleh sebuah toko roti yg barusan buka malam itu. Rejeki tak akan meleset..

26.Saat itu sy jual PC sy sehrg 1,7jt u/ bertahan hidup, sambil cari2 investor lainnya. Alhamdulillah dapat..

27.Semudah itu sy dapat investor kedua? YA! Krn saya menolak SUAP mereka saat sy msh bekerja di Astra.

28.KREDIBILITAS adalah kunci BANGKIT dari BANGKRUT.

29.Loncat ke thn 2002, stlh bisnis sy mulai stabil, sy mencoba bbrp macam usaha, salah satunya Rumah Makan.

30.Saat pertama buka, sempat ramai, namun 1 bulan kmdn sepi spt kuburan. Tutup 1thn 2bln kmdn>>

30a.>> dengan kerugian 170 juta. Kenapa? Akan saya bahas di bab2 berikutnya..

31.Itu hanyalah salah 2 dari kisah ‘kerugian2’ di bisnis saya, namun tak sy sebut bangkrut,>>

31a.>> krn saat itu saya masih punya ‘roda cadangan’ dari bisnis lainnya.

32.Jadi harus dibedakan konotasi bangkrut dengan rugi. Bisa jadi perush Anda rugi besar, tapi tdk bangkrut.

33.Kenapa? Bisa jadi msh ada ‘kewajiban’ ke supplier, bank, yg Anda tahan u/ bertahan hidup.

34.Sbaliknya perush Anda untung besar, tapi krn pembayaran macet & kewajiban jatuh tempo segudang, BANGKRUT deh.

35.Apa saja penyebab2 keBANGKRUTan terbesar. Berikut adalah hasil survei saya..

36.Penyebab pertama: RUGI PANJANG; yg tak ditangani dg cepat & tegas!

37.Penyebab Kedua: CASHFLOW MINUS; ketidakmelekan finansial.

38.Penyebab Ketiga: Faktor Orang Lain; kepemimpinan yang rancu & kepercayaan berlebihan.

39.Penyebab Keempat: Tak Terduga; sedia payung sebelum hujan.

40.Penyebab Kelima: Kurang Terobosan; teknisi karatan & masih pakai box.


Lihat juga serial #Anti Bangkrut dari Jaya Setiabudi

Teknisi Karatan

Tak Terduga 

Faktor Orang Lain 

Laba Semu 

Rugi Panjang 

Bangkit Dari Bangkrut 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment