Marketing Product Price Promotion Place

Diposkan oleh Dewa Pariana on Friday 23 November 2012

Materi ini saya ambil dari tweet Hermas Puspito



1. Mlm ini saya akan sharing ttg marketing 4P atau istilah lainnya marketing mix. 4P ini sgt penting utk UKM #Pemasaran4P

2. Marketing 4P itu adlh: product, price, promotion & place | Evolusinya ada 7P, tp yg paling dasar adlh 4P

3. Saya akan bagikan Marketing mix atau #Pemasaran4P dlm bahasan yg lebih sederhana shingga brmanfaat utk rekan2 startup

4. Mengapa 4P? McCarthy memformulasikan 4P ini sbg hal yg paling dasar utk memarketingkan produk

5. Kita mulai dari bahasan secara umum yg pertama: Produk (bisa berupa barang atau jasa)

6. Produk sgt penting utk dperhatikan agar strategi marketing kita sukses, berikut ini yg perlu dperhatikan

7. Pastikan produk tsb berkualitas, memberikan nilai tambah ke konsumen, dan ada quality control

8. Ditengah persaingan, produk hrs punya USP (Unique Selling Proposition) punya kelebihan dbanding pesaing

9. Lalu produk tsb hrs ada differensiasi dlm kemasan, content, feature, design, packaging

10. Kedepannya produk hrs dpikirkan juga ttg variant produk, size, availability, produk pelengkap dll

11. Setelah itu P yang kedua adalah Price, untuk UKM perlu dpikirkan dg baik harga yg sesuai utk konsumen

12. Lakukan perhitungan cost, rentang profit margin agar produk tsb tetap menghasilkan & menguntungkan

13. Penting sekali agar harga produk disesuaikan dg target market yg dtuju, harga akan menentukan image

14. Misalnya image menengah keatas dan menengah kebawah akan mempunyai harga yg berbeda

15. Harga yg dtetapkan harus value for money (harga sesuai kualitas) jika perlu lakukan pricing research

16. Dlm strategi harga ini, kmudian bs dtentukan strategi pricing mix, discount, package, bundling price dll

17. Faktor lain yg tdk kalah penting: cek kemampuan daya beli konsumen dan harga produk pesaing

18. Kemudian P yang ketiga adalah Place, sec sederhana ini merupakan tempat prod kita djual ke konsumen

19. Place ini perlu kita tentukan (cek budget juga ya) & pnerapannya akan berbeda sesuai dg jenis produknya

20. Lakukan pemilihan untuk place, apakah djual di traditional market atau modern market

21. Tentukan juga apakah produk kita djual di offline store atau online store (atau keduanya)

22. Place jg ttg saluran distribusi, misal produsen – konsumen apakah ada perantara misal grosir, pengecer dll

23. Dalam strategy place intinya adalah perlu dperhatikan agar konsumen bs mnemukan produk kita

24. Selanjutnya P ke empat yg penting adlh Promotion, bs dg istilah IMC – integrated Marketing Communication

25. Promosi ini pada dasarnya adalah mengkomunikasikan/mengenalkan produk atau merek kita ke market

26. Berbagai cara promosi: Advertising, PR, internet marketing, event promo, personal selling, direct marketing

27. Dlm promosi slalu perhatikan budget, target market yg dtuju serta analisa efektivitas promotion channel

28. Advertising bs di TV, media cetak, online, radio | jangkauannnya bs byk namun biayanya tdk murah

29. PR dilakukan dg membina hubungan baik dg para media, tujuannya byk salah satunya utk publishing merek/prod kita

30. Event promo bagus untuk educate market, dengan mengadakan pameran, event, expo

31. Personal selling adalah promosi yg dlakukan secara personal, biasanya dilakukan bertemu sec personal

32. Direct marketing biasanya tdk berbiaya mahal, bs dg email marketing, telp/sms, contact lgsg dll

33. Internet marketing salah satunya dengan Search Engine Marketing, SEO, social media marketing, dll

34. Di era horizontal marketing, social media marketing menjadi hal yg penting sbg promotion channel

35. Di era digital saat ini, para pebisnis dituntut utk mengkombinasikan promosi dg offline dan online

Sekian sharingnya tentang marketing mix, Pemasaran 4P, semoga bermanfaat utk rekan-rekan ukm







{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment