1/15. Dlm bisnis, muncul pesaing adalah suatu hal yg wajar dan kita perlu melakukan antisipasi sejak dini
2/15. Analisa pergerakan pesaing, cek produk, info promosi dan kelebihan pesaing sbg perbandingan
3/15. Ada beberapa hal yg bisa dilakukan untuk menghadapi pesaing sejak dini
4/15. Lakukan analisa sejak dini ketika memulai analisa SWOT – analisa internal dan eksternal (pesaing)
5/15. Mulai buat list antisipasi jika ada pesaing masuk, misal menambah varian produk, tambah promosi dll
6/15. Dari pada pesaing yg aktif, sebaiknya kita yg lebih aktif. Aktif untuk melakukan analisa pesaing
7/15. Analisa pesaing bs dlakukan dg kunjungan ke gerai pesaing. Product test pesaing, bandingkan dg kita
8/15. Bs juga dg survei konsumen, tanyakan bgmn kepuasan mereka terhadap produk pesaing dbanding prod kita
9/15. Dari hasil analisa pesaing lakukan follow up di strategi kita: buat inovasi spy lebih baik dr pesaing
10/15. Inovasi bisa dlakukan utk produk, inovasi cara promosi, cara jualan dan inovasi melayani konsumen
11/15. Inovasi Usaha dan perbaikan kualitas produk dilakukan agar pelanggan setia & tdk lari ke pesaing
12/15. Inovasi dlm hal promosi, misal: pake social media, campaign, trade promo, sales promo, diskon dll
13/15. Dan yg sgt penting komunikasikan kelebihan kita dbanding pesaing dlm promosi tersebut
14/15. Agar tdk lari ke pesaing, fokus ke kualitas, bangun relasi dg konsumen, buat membercard
15/15. Dan stiap inovasi, perbaikan kualitas serta membangun relasi dg pelanggan hrs dlakukan dg konsisten
Semoga Bermanfaat, silahkan dibaca juga Word of Mouth Marketing
{ 0 komentar... read them below or add one }
Post a Comment