1. Pemasaran merupakan salah satu strategi penting yg perlu dipelajari & diterapkan oleh pelaku UKM
2. Kesuksesan produk akan terwujud jika kualitas, inovasi dibarengi oleh strategi pemasaran yg tepat
3. Pemilihan strategi pemasaran sgt ditentukan oleh tujuan, karakteristik produk, target market, serta budget
4. Hal awal yg perlu dilakukan oleh pelaku UKM: menyusun perencanaan & daftar strategi marketing
5. Saya akan sharing perencanaan pemasaran yg lebih sederhana untuk konteks UKM
6. Perencanaan ini mencakup tujuan, analisa pesaing, periode, target sales, target market, produk, (continue)
7. Penentuan harga, media yg dipakai, strategi yg dipakai, channel penjualan, timeline promosi & evaluasi
8. Mari kita coba jabarkan satu persatu dari semua elemen perencanaan pemasaran di poin 6 dan 7
9. Tentukan tujuan perencanaa marketing : misal apakah utk brand awareness, penjualan launching produk dll
10. Stelah itu buatlah analisa pesaing yg sudah ada dmarket, cek kelebihan produk mereka & cara promonya
11. Lalu tentukan periode pemasaran yg akan kita lakukan, periode ini penting utk time frame strategy kita
12. Tentukan target penjualan yg ingin kita capai, target ini penting utk acuan dan jg utk memacu kita
13. Analisa target market yg dituju juga sgt penting, sehingga strategi kita tdk salah sasaran
14. Target market beda strategi marketingnya jg berbeda, misal menengah bawah/atas strateginya beda
15. Maksudnya berbeda adalah, bentuk promosi, cara mengkomunikasikan, strategi harga & kemasan juga akan beda
16. Setelah target market ditentukan kemudian tentukan produk mana yang akan dijual
17. Ingin sukses >> pastikan produk tersebut berkualitas dan memiliki keunggulan dibanding pesaing
18. Kemudian tetapkan harga utk produk yg akan djual, tetapkan biaya dan margin keuntungan yg sesuai
19. Tentukan strategi harga yg akan dlakukan, value for money (harga sesuai kualitas), cek jg harga pesaing
20. Dlm perencanaan pemasaran kita jg perlu memilih media apa yg akan dipakai utk promo: offline atau online
21. Era saat ini pemilihan media yg cukup powerful adalah kolaborasi media online & offline
22. Promosi untuk UKM bisa dgn social media, iklan (jika sudah ada budget iklan yg cukup), brosur, event dll
23. Kemudian tentukan channel penjualannya: online/offline, modern/traditional market, reseller dll
24. Setelah proses perencanaan pemasaran selesai dibuat, buat juga form evaluasi utk cek kinerja strategi
25. Harapannya perencanaan pemasaran dpt memaksimalkan penjualan dalam jangka panjang
Materi ini kami ambil dari kultwit seorang ahli marketing Hermas Puspito
{ 0 komentar... read them below or add one }
Post a Comment