Perencanaan Marketing UKM

Diposkan oleh Dewa Pariana on Thursday 6 December 2012




1. Pemasaran merupakan salah satu strategi penting yg perlu dipelajari & diterapkan oleh pelaku UKM # Perencanaan Marketing UKM

2. Kesuksesan produk akan terwujud jika kualitas, inovasi dibarengi oleh strategi pemasaran yg tepat # Perencanaan Marketing UKM

3. Pemilihan strategi pemasaran sgt ditentukan oleh tujuan, karakteristik produk, target market, serta budget # Perencanaan Marketing UKM

4. Hal awal yg perlu dilakukan oleh pelaku UKM: menyusun perencanaan & daftar strategi marketing # Perencanaan Marketing UKM

5. Saya akan sharing perencanaan pemasaran yg lebih sederhana untuk konteks UKM # Perencanaan Marketing UKM

6. Perencanaan ini mencakup tujuan, analisa pesaing, periode, target sales, target market, produk, (continue) # Perencanaan Marketing UKM

7. Penentuan harga, media yg dipakai, strategi yg dipakai, channel penjualan, timeline promosi & evaluasi # Perencanaan Marketing UKM

8. Mari kita coba jabarkan satu persatu dari semua elemen perencanaan pemasaran di poin 6 dan 7 # Perencanaan Marketing UKM

9. Tentukan tujuan perencanaa marketing : misal apakah utk brand awareness, penjualan launching produk dll # Perencanaan Marketing UKM

10. Stelah itu buatlah analisa pesaing yg sudah ada dmarket, cek kelebihan produk mereka & cara promonya # Perencanaan Marketing UKM

11. Lalu tentukan periode pemasaran yg akan kita lakukan, periode ini penting utk time frame strategy kita # Perencanaan Marketing UKM

12. Tentukan target penjualan yg ingin kita capai, target ini penting utk acuan dan jg utk memacu kita # Perencanaan Marketing UKM

13. Analisa target market yg dituju juga sgt penting, sehingga strategi kita tdk salah sasaran # Perencanaan Marketing UKM

14. Target market beda strategi marketingnya jg berbeda, misal menengah bawah/atas strateginya beda # Perencanaan Marketing UKM

15. Maksudnya berbeda adalah, bentuk promosi, cara mengkomunikasikan, strategi harga & kemasan juga akan beda # Perencanaan Marketing UKM

16. Setelah target market ditentukan kemudian tentukan produk mana yang akan dijual # Perencanaan Marketing UKM

17. Ingin sukses >> pastikan produk tersebut berkualitas dan memiliki keunggulan dibanding pesaing # Perencanaan Marketing UKM

18. Kemudian tetapkan harga utk produk yg akan djual, tetapkan biaya dan margin keuntungan yg sesuai Perencanaan Marketing UKM

19. Tentukan strategi harga yg akan dlakukan, value for money (harga sesuai kualitas), cek jg harga pesaing # Perencanaan Marketing UKM

20. Dlm perencanaan pemasaran kita jg perlu memilih media apa yg akan dipakai utk promo: offline atau online #MarketingPlanUKM

21. Era saat ini pemilihan media yg cukup powerful adalah kolaborasi media online & offline #MarketingPlanUKM

22. Promosi untuk UKM bisa dgn social media, iklan (jika sudah ada budget iklan yg cukup), brosur, event dll #MarketingPlanUKM

23. Kemudian tentukan channel penjualannya: online/offline, modern/traditional market, reseller dll # Perencanaan Marketing UKM


24. Setelah proses perencanaan pemasaran selesai dibuat, buat juga form evaluasi utk cek kinerja strategi # Perencanaan Marketing UKM

25. Harapannya perencanaan pemasaran dpt memaksimalkan penjualan dalam jangka panjang # Perencanaan Marketing UKM

Materi ini kami ambil dari kultwit seorang ahli marketing Hermas Puspito  

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment