Tips Menentukan Merek

Diposkan oleh Dewa Pariana on Tuesday 27 November 2012

Berikut beberapa tips menentukan merek untuk usaha anda

1. Pada dasarnya merek sgt penting utk usaha apapun & utk skala bisnis brpapun, kecil/besar

2. Merek sgt penting, krn logo ini akan mewakili karakter serta citra sebuah bisnis/company

3. Mulailah menentukan filosofi mereknya, ini berbicara mengenai maksud dari logo yg akan kita buat

4. Saat menentukan merek, pastikan belum ada yg sama dengan logo atau nama yang akan kita tentukan

5. Usahakan agar logo merek yg kita buat mudah dimengerti dan mudah diingat oleh konsumen

6. Buat beberapa opsi logo merek, lalu lakukan survei ke tim internal dan cari tahu respon mereka

7. Sesuaikan desain logo kita dgn target market yg akan dituju, cek demografi usia, tingkat ekonomi

8. Misal jika menyasar target market menengah ke atas maka buatlah merek yang terkesan premium

9. Jika menyasar target market usia muda, buat lebih dinamis, youth & klo anak2 lebih colorful/ceria

10. Setelah draft logo dibuat, lakukan survei ke konsumen secara terbatas utk cari tahu saran/feedback

11. Salah satu strategi bs dgn cara definisi merek - misal Apotek K24 >> Apotik Komplit 24 jam

12. Hal sederhana lainnya namun bisa powerful adalah nama merek dari nama founder misal Honda, Ford

13. Menentukan nama merek juga bisa abstrak misal >> Google, Yahoo, tapi harus menarik & mudah diingat 

14. Usahakan merek di daftarkan ke Dirjen HaKI - Kekayaan intelektual, shingga sah sec legal/tdk djiplak

15. Hal penting bukan hanya saat mbuat merek namun ketika memarketingkan merek hingga jd merek terkenal

Materi ini kami ambil dari tweet @kelasmarketing

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment